Powered By Blogger

Minggu, 22 Agustus 2010

Keterkaitan Antara Pentagram Dan Mason




postingan ini tidak ada unsur membicarakan agama lain. terima kasih
Pentagram
adalah sebuah lambang berbentuk bintang berujung lancip lima yang digambar dengan lima garis lurus. Kata pentagram sendiri berasal dari Bahasa yunani πεντάγραμμον (pentagrammon), bentuk kata kerja dari πεντάγραμμος (pentagrammos) atau πεντέγραμμος (pentegrammos), sebuah kata yang mempunyai makna "bergaris lima" atau "lima garis".

Nama tersebut menunjukkan bahwa pentagram bukanlah hanya sebuah bintang berujung lancip lima: lambang ini mesti terdiri dari lima garis, sehingga pentagram harus menunjukkan bagian dalamnya tersebut.

Planet Venus dan pemujaan dewi Venus telah dikaitkan dengan pentagram sejak zaman kuno. Jika dilihat dari Bumi dengan latar belakang rangkaian bintang (Zodiac), Venus membentuk sebuah bintang berujung lancip lima mengelilingi Matahari setiap delapan tahun sekali, dan kembali tepat ke letak awalnya setelah siklus sepanjang empat puluh tahun.

Pentagram digunakan secara simbolis pada masa Yunani kuno dan Babilonia .Pentagram dihubungkan dengan dunia sihir , dan banyak orang yang mempunyai kepercayaan paganisme mengenakan kalung berbentuk pentagram. Agama kristen pernah menggunakan pentagram dengan umum untuk melambangkan lima luka Yesus, namun umat Kristen saat ini mengaitkan bentuk tersebut dengan Satan. Meskipun begitu, kebanyakan orang yang menggunakan bentuk ini bukanlah pemercaya Setan.

Pentagram yang sempurna paling mudah digambar dengan menggambar sebuah Pentagon, menghubungkan sudut-sudutnya dengan garis dan menghapus pentagon yang terlebih dahulu digambar (Hal ini juga menunjukkan bahwa pentagram adalah



Perisai Daud atau dalam bahasa Ibrani: Magen David, atau hexagram מָגֵן דָּוִד dengan nikkud atau tanpa nikkud דוד, diucapkan Magen David [ma.'gen da.'vid] dalam Ibrani modern dan Mogein Dovid ['mɔ.geɪn 'dɔ.vid] atau Mogen Dovid ['mɔ.gen 'dɔ.vid] dalam bahasa Ibrani Ashkenazi dan Yiddish adalah sebuah lambang yang umumnya dikenali dari Komunitas Yahudi dan Yudaisme. Nama ini diambil dari nama raja Israel kuno, dan mulai digunakan pada Abad Pertengahan, berasma-sama dengan lambang yang lebih tua lagi yaitu menorah.

menorah adalah



Kaki Dian bercabang tujuh dari Bait Herodes, sebagaimana tergambar pada Pintu Gerbang Lengkung Titus, di Roma


Kaki Dian/ Kandil/ Kaki Pelita/ Pelita, (Ibrani : מנורה - MENÔRÂH). Di dalam Kemah Suci ada Kaki Pelita berhias terbuat dari emas (Keluaran 25:31). Dari batang tiang utama yang menyangga pegangan pelita, muncul 3 pasang cabang dengan arah berlawanan, yang pada ujung-ujungnya ada pegangan pelita berbentuk bunga. Di dalam Perjanjian Lama kandil atau kaki dian lebih khusus diartikan sebagai kaki dian yang bercabang tujuh. Fungsi utama Kaki Pelita adalah sebagai alat penerangan bagi tabernakel, dinyalakan mulai sore hari hingga keesokan harinya.


* Keluaran 30:8, Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan TUHAN di antara kamu turun-temurun.

Ada lagi kandil yang bukan bercabang tujuh, itulah sepuluh kandil emas (1 Raja-Raja 7:49). Tidak digambarkan dengan jelas apakah kandil tersebut bercabag sepuluh atau berdiri tunggal dan berjumlah sepuluh. Kandil semacam itu ada di Bait Suci Salomo. Yeremia 52:19 mengatakan bahwa perkakas Bait Allah termasuk kandil dibawa ke Babel bersama barang-barang rampasan lainnya.

Kandil yang terdapat di Tabernakel terbuat dari emas murni seberat kira-kira 30 kg atau bahkan lebih. Satu batang ditengah sebagai pusat, tiga cabang di sisi yang satudan tiga cabang di sisi lainnya. Di setiap cabang dihiasi dengan hiasan semacam bunga badam (Keluaran 25:31-40 ; 17-24). Diperkirakan tinggi kandil dalam Tabernakel itu adalah 90 cm dengan lebar 60 cm. Semua itu dibuat menurut contoh yang sudahdiberikan kepada Musa (Keluaran 25:40)

Di atas kandil itu tujuh lampu diatur agar tetap menyala (Imamat 24:3-4). Kandil yang disertai dengan pelita-pelita yang menyala melambangkan kehadiran Allah di tempat kudusnya. Hal yang senada juga dapat kita peroleh dari penjelasan Zakharia 4:10, di mana dikatakan tujuh lampu mempuanyai arti sebagai mata Allah yang menjelajah seluruh bumi, artinya Allah ada di mana-mana.

Ketujuh kaki dian menjelaskan mengenai tujuh gereja atau tujuh jemaat (Wahyu 1:12-13, 20; 2:1).Dan diatas kaki dian itu ada tujuh obor api yang menggambarkan tujuh roh Allah atau bisa kita mengerti sebagai kepenuhan Roh Kudus karena angka tujuh di dalam Alkitab melambangkan kesempurnaan (Wahyu 4:5). Itulah gambaran jemaat yang diinginkan oleh Allah, jemat yang selalu menyala-nyala oleh Roh Kudus.

Tuhan memerintahkan kepada musa agar orang-orang Israel membawa minyak zaitun tumbuk yang tulen untuk lampu agar lampu dapat dipasang dan tetap menyala di atas kandil dari petang sampai pagi (Imamat 24:1-4). Ini merupakan simbol kehadiran Allah ditengah-tengah umatnya. Lampu tersebut tetap menyala karena ada minyak. Demikian pula orang percaya memerlukan "minyak" yaitu Roh Kudus yang berdiam di dalamnya. Roh itulah yang menyatakan kehadiran Allah didalam hidup kita. Roh itulah yang membuat kita panas dan bersinar bagi Yesus serta menjadi terang bagi sesama. Roh itulahyang akan menerangi dunia ini melalui kita sehingga kita menjadi terang dunia seperti apa yang diharapkan oleh Tuhan Yesus.

maknanya

Cabang Pertama

Yesaya memberikan sabda ilahi; Yokhanan Ben Zakkai mendirikan sebuah pusat keagamaan yang baru di Yabne; Orang Yahudi di Spanyol dan pembuangan ke Babilonia.


Cabang Kedua

Ezra; Ayub; Kitab Talmud; Kitab Kidung Agung.


Cabang Ketiga

Daud berperang melawan orang Filistin; pendaratan para pengungsi Yahudi; dan persembahan Abraham.


Cabang Keempat

Musa di Gunung Sinai; dua loh batu berisi Sepuluh Perintah Allah; ; Rut; Yehezkiel; peristiwa Holocaust oleh Nazi Jerman yang memusnahkan 6 juta orang Yahudi; kata-kata "Dengarlah hai Israel" (Shma Yisrael), yang merupakan awal dari Syahadat Yahudi; dan para kolonis Israel.


Cabang Kelima

Simon Bar Kohba; harapan akan Mesias; pergulatan Yakob dengan Malaikat.


Cabang Keenam

Rabbi Hillel; Rabbi Hanina; Kabala; Halakha; dan peraturan keagamaan


Cabang Ketujuh

Yeremia; Perang Makabe; penyembahan Tuhan; dan Nehemia.


gambar di atas saya dapat di webcraft dan ada bacaan

Masonic visitors are always welcome.

setelah saya cari-cari lagi di web itu saya cuma menemukan 1 petunjuk itu. yaitu gambar di atas. menurut saya ada suatu keterkaitan antar mason dengan menorah. Sampai sekarang saya belum menemukan keterkaitan itu tapi dengan adanya gambar itu saya mulai yakin kalau lucifer atau baphomet atau azazel berperan penting dalam mason


Hubungan antara pentagram dan lucifer???

gambar bintang dan dan kepala kambing (ciri-ciri lucifer)


lalu adakah hubungan pentagram dan heksagram???

lihat bintang mason (heksagram) di sisi atas pas di lingkaran

mengapa bintang mason itu di atas pas di atas sudut dari bintang???

lihat lingkaran merah. dan lihat bentuk yg saya warnai warna merah.

lalu apakah hubungan pola yang saya warnai dengan warna merah dengan gambar di atas???


menurut saya pentagram, heksagram, lucifer, freemason itu sama (saling berkaitan)

Lalu apakah Paganisme???

Paganisme adalah sebuah kepercayaan/praktek spiritual penyembahan terhadap berhala yang pengikutnya disebut Pagan. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi dan untuk menyembahnya mereka menyembah patung, contoh Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan lain-lain. Istilah ini telah meluas, meliputi semua Agama Abrahamik, Yahudi, Kristen, dan Islam.

Pada zaman sekarang, Pagan percaya bahwa semua di sekitar mereka suci karena merupakan bagian dari dewa dan dewi. Contohnya, mereka percaya bahwa batu dan pohon adalah bagian dari dewa dan dewi, sehingga keramat, tetapi tidak menyembah pohon itu. Kebanyakan orang pagan percaya bumi memunculkan dewi.

Pentagram dalam kepercayaan terhadap Setan

Para pemercaya Setan menggunakan pentagram Pythagoras (satu ujung mengarah ke bawah) yang digambarkan menyentuh sebuah lingkaran ganda, dengan kepala Baphomet dalam pentagram tersebut. Mereka menggunakannya seperti Pythagoras, namun huruf-huruf Yunani yang digunakan Pythagoras biasanya digantikan huruf-huruf Ibrani לויתן yang membentuk nama Leviathan.



lalu apakah pentagram itu lambang masonik???

Pentingnya pentagram dari masonik adalah kontroversial. Ini tidak berarti, bahwa seorang Freemason, maengatakan bahwa dirinya adalah seorang Freemasonry.
Freemasonry secara tradisional dikaitkan dengan Pythagoras, dan di antara Pythagoreans, pentagram adalah simbol kesehatan dan pengetahuan; pentagram terkait dengan inisiasi, seperti dalam ikonografi masonik. Dari Coil's Encyclopedia: "The Pentalpha dikatakan telah memiliki arti simbolis dan mistis yang besar, tetapi tidak memiliki aplikasi untuk Freemasonry.
Mackey memberitahu kita "The Freemason Abad Pertengahan menganggap hal itu sebagai simbol kebijaksanaan yang mendalam, dan ini ditemukan diantara ornamen arsitektur sebagian besar bangunan-bangunan gereja Abad Pertengahan." Ada juga banyak contoh baik dari pentagram dan bintang lima titik yang digunakan sebagai tanda tukang batu 'selama periode bangunan katedral abad pertengahan. Meskipun klaim telah dibuat untuk penggunaan sebelumnya. George Godwin mengklaim bahwa tanda ini diturunkan dari generasi ke generasi dan masih bisa ditemukan sampai abad kesembilan belas.


Salah satu penggunaan awal terkenal dari pentalpha di Freemasonry adalah tanda Sir Robert Moray, yang digunakan ketika ia menandatangani Risalah Lodge Edinburgh, Mary's Chapel beberapa waktu setelah inisiasi pada 20 Mei 1641.
Penggunaan bintang lima atau pentagram menunjuk pada beberapa segel Grand Lodge dan spanduk serta pada kerah atau perhiasan kantor dipakai oleh para empu dari pondok-pondok dan Grand Master Grand lodges yang menarik untuk siswa masonik sejarah dan seni. Tapi ketiadaan dari ritual dan pelajaran dari titik Freemasonry bahwa nilainya hias dan setiap nilai simbolik adalah masalah pendapat pribadi. Banyak masonik telah menyatakan pendapat mereka tentang topik ini.
Pentagram, dapat diinterpretasikan sebagai representasi dari rasio emas. Rasio emas adalah sangat penting bagi arsitek dan tukang batu.

sekian dulu. maaf kalau saya lama updatenya

Sumber: akupercaya, stellatours, freemasonry.bcy.ca, wiki

3 komentar:

  1. wess... seru2 nihh rtikelnya...
    tukaran link yuk gan ???terimakasih ...
    ditunggu kunjungan balik dan konfirmasinya ...

    BalasHapus
  2. thnks infonya, saya sangat mencari bahan spt ini..mohon maaf, saya trpaksa kongsikan ini pd kwn2 di Sabah, Malaysia. (Saya akan letakkan sumber bahan BLOG ini - Kita saling mendukung)
    Pst. Awis (http://nipuhawang-awis.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Bintang Timur Putera Fajar = Lucifer (Luci: cahaya, ferre: pembawa)

    Ada 2 macam Lucifer (Pembawa Cahaya)

    1. Di Yesaya 14:12 Bintang Timur yang jatuh (Lucifer yang jatuh yaitu iblis, azazil dengan sifat-sifatnya yang jahat) ingin menyerupai Tuhan. Disimbolkan dengan Pentagram, bentuk aslinya kepala kambing (perlu penelitian lebih dalam)

    2. Di Wahyu 22:16-17 Bintang Timur yang gemilang-gemilang yang tidak pernah jatuh yaitu Tuhan YESUS KRISTUS (God is good)

    Kalau diteliti lebih dalam sifat jahat itulah evil / iblis, sifat baik itu God. Perbedaannya ada di Galatia 5:22 tentang buah Roh ( Kudus / Suci ), dan di Galatia 5:19 ttg perbuatan daging ( cenderung jahat / evil ). Bintang Daud disimbolkan dengan Magen David, Bintang 6. Sebenarnya kalau diteliti lebih dalam lagi itu simbol yang disederhanakan dari 12 suku Israel.

    Lucifer berbicara tentang ilmu pengetahuan.

    Pada awalnya manusia diciptakan merupakan gambaran kesempurnaan Allah, serupa dengan gambar Allah (Kejadian 2:7, Kejadian 3:5, Yehezkiel 28:12-19).

    Iblis digambarkan seperti ular. Ular disini berbicara tentang hati yang tidak taat dan setelah ketahuan berbuat salah biasanya manusia akan mencari alasan untuk pembenaran dirinya, itulah gambaran kecerdikan akal manusia, pengetahuan.

    Jadi siapakah iblis, pembawa terang yang jatuh itu?

    BalasHapus

tinggalkan lah komentar yg berbobot
komen yg merendahkan, SARA, sex, dll yg tidak saya sukai tidak akan saya tampilkan

boleh copas asal cantumkan sumber dan linkback
terima kasih